FOKUSKINI – Pelaksanaan gelaran lomba lari Pertamina Eco Run 2018 di kawasan Q Big BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten hari Minggu tadi (9/12/2018) menggunakan nama-nama BBM berkualitas seperti Pertamax Turbo untuk jarak tempuh 10 Kilometer, Pertamax (5 Km) dan Pertamina Dex (1,5 Km). Untuk penyelenggaraan Eco Run 2018 ini dilakukan pula penambahan kelas lari untuk anak usia 6-12 tahun dengan jarak 1,5 Km, dinamakan Kids Run.

Lebih lanjut Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan, bahwa tema Pertamina Eco Run 2018 adalah Galang Energi Lestarikan Negeri, yang artinya Pertamina kali ini mengajak para peserta untuk bersatu, bersinergi, melakukan penggalangan dana membantu konservasi Gajah Sumatera dan Elang Bondol, hewan-hewan khas Indonesia yang kini terancam punah.

“Galang merupakan kata sambung dari Gajah dan Elang. Para peserta Eco Run berlari (untuk)membantu konservasi Gajah Sumatera dan Elang Bondol, dan hewan-hewan khas Indonesia yang terancam punah (lainnya),” ujar Adiatma.

Selain keanekaragaman hayati, Eco Run sesuai dengan namanya adalah gerakan untuk mendorong perilaku dan gaya hidup sehat dengan berolahraga, serta menikmati lingkungan udara yang lebih sehat dengan penggunaan BBM berkualitas yang rendah emisi untuk menjaga kesehatan lingkungan.

“Kita mengajak masyarakat untuk move on menuju gaya hidup yang lebih sehat, penggunaan BBM berkualitas atau BBM Eco Friendly yakni Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex. BBM Pertaseries produksi Pertamina merupakan produk dengan kualitas tinggi yang ramah lingkungan, sehingga dapat menekan laju global warming dan ikut berkontribusi dalam keberlangsungan pelestarian lingkungan,” jelas Adiatma.

Sebagai komitmen mendukung peralihan konsumsi BBM ke BBM berkualitas yang lebih ramah lingkungan, para peserta Kids Run dan Fun Run akan membubuhkan cat tangan sebagai tanda partisipasi dan dukungannya.

Selain itu sebagai bentuk dukungan nyata terhadap pelestarian lingkungan dan masyarakat, pada kegiatan Eco Run 2018 yang dimeriahkan oleh pentas musik grup band Naif, Pertamina juga menyerahkan bantuan donasi mencapai lebih dari Rp 65 miliar yang diserahkan kepada para penerima manfaat program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pertamina.

Manfaat tersebut meliputi pelestarian Terumbu Karang di Karang Asem, pengelolaan 15 Rumah Kreatif BUMN (RKB), bantuan Kemitraan kepada 514 peternak udang dan 70 peternak sapi di Lampung, dan bantuan Masjid Baitul Muttaqin di Pidie, Banda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *