FOKUSKINI – Penyakit jantung bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kolesterol tinggi dan diabetes. Semuanya dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, diet yang tidak terkendali dan malas berolahraga.

Sejauh ini sudah disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan melalui kampanye “CERDIK”, agar menyeimbangkan gaya hidup antara diet sehat dan pentingnya berolahraga dalam menjaga idealnya berat badan supaya sehat dan mencegah penyakit jantung.

Bagi mereka yang sudah didiagnosa menderita penyakit jantung, disamping diperlukan perawatan, penting juga Anda memilih makanan dan olahraga yang tepat, dengan atau tanpa anjuran dokter.

Olahraga isometrik seperti push-up atau sit-up, dan olahraga berat lainnya tidak dianjurkan untuk pengidap penyakit jantung. Olahraga berat dapat menyebabkan kelelahan berlebihan, dan memicu efek serangan jantung.

Olahraga akuatik merupakan olahraga low-impact yang cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah jantung. Olahraga ini dapat mengurangi tekanan pada tulang, sendi, dan otot.

Jenis olahraga ini, biasanya dilakukan di kolam renang yang dangkal ataupun setinggi dada.

Olahraga akuatik yang telah diikuti oleh banyak orang di seluruh dunia, dan juga aman bagi orang-orang yang memiliki masalah sendi, penyakit kronis, cedera dan penyakit lainnya adalah Aqua Zumba.

“Konsep Aqua Zumba, yaitu memadukan filosofi latihan Zumba yang menggabungkan gerakan musik dan tarian dengan resistensi air. Karena resistensi alami, setiap langkah memiliki tantangan tersendiri dan menambah intensitas latihan, tetapi juga aman untuk kondisi jantung karena olahraga ini merupakan olahraga low-impact,” kata ZIN (Zumba Instructor Network) Eva Susanti dalam keterangannya.

Meskipun demikian, Eva juga merekomendasikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatan sebelum menjadikan olahraga Aqua Zumba atau olahraga lainnya jadi pilihan rutinitas.

Sebagai olahraga terapeutik, musik dan gerakan tarian membantu tubuh kita melepaskan endorfin yang memicu perasaan positif. Dengan melakukannya didalam air, dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Melalui latihan Aqua Zumba secara teratur, pembuluh darah akan lebih lentur dan fleksibel yang membuat aliran darah lebih lancar.

Di sisi lain, air membantu para peserta menjadi lebih ringan, sehingga mengurangi jumlah berat yang dibawa selama berolahraga. Air juga menambahkan resistensi yang berkelanjutan, dan meningkatkan intensitas olahraga dengan memaksa banyak otot untuk terlibat saat kita bergerak mengikuti musik. Perlawanan ini membuat hati kita bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat.

Para peserta harus melakukan gerakan lumayan banyak untuk otot, dengan meregangkan lengan dan mengangkat kaki didalam air.

Setiap langkah dalam aktivitas Aqua Zumba membantu mengencangkan otot-otot tubuh. Ketika air mengalir dari berbagai arah, resistensi di kolam juga berlipat ganda, sehingga memberikan olahraga yang cukup berat bagi otot Anda.

Dengan demikian, berolahraga di kelas Aqua Zumba selama 60 menit dapat membakar hingga 400 kalori. Artinya, olahraga ini dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif, ataupun sekadar untuk mempertahankan berat badan secara sehat.

“Aqua Zumba merupakan olahraga yang menyenangkan untuk semua orang, bahkan untuk orang berusia tua. Tidak ada batasan, baik usia maupun orang yang tidak bisa berenang pun dapat mengikuti kelas Aqua Zumba,” kata ZIN Eva Susanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *