FOKUSKINI – Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyampaikan pesan tertulis supaya warga terdampak bencana tsunami di Provinsi Banten dan Lampung, memerhatikan kesehatan lingkungan.

Ini, menurutnya, menjadi penting supaya tidak memperburuk kondisi kesehatan para warga masyarakat disana. ”Kita mencegah agar tidak terjadi penyakit yang bersumber dari lingkungan (sekitar daerah bencana),” diingatkan Menkes.

Dampak bencana tsunami tidak hanya terjadi langsung kepada manusia, tapi juga menyebabkan kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan. Lingkungannya menjadi tidak sehat, dan menjadi sumber penyakit yang akan menyerang manusia.

Karena itu, pada pelaksanaanya yang pertama harus dilakukan adalah evakuasi korban meninggal, karena ini akan membawa dampak kepada lingkungan jika lama dibiarkan. Bagi para korban terluka harus segera diobati.

Selanjutnya, dilakukan pembersihan lingkungan seperti penyemprotan desinfektan dan pemasangan alat penjernih air untuk digunakan warga.

”Satu lagi yang penting buat warga pengungsi, kami punya biskuit yang tinggi protein untuk bisa diberikan pada anak balita, anak sekolah, dan para ibu hamil,” kata Menkes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *