FOKUSKINI – Ada kabar berita musik lagi, kali ini datang dari produser musik independen Tori Sudarsono berinformasi menarik tentang Rio Faturachman, pentolan band indie yang kini bergabung dengan Guest Music untuk merilis singel keduanya bertajuk “ Kita Dewasa”.

Lirik lagu ini bercerita tentang seseorang yang prihatin, bosan, kesal, jenuh, melihat kenyataan yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir di Indonesia, dimana masyarakat Indonesia terlihat seperti terbagi menjadi dua bagian besar masyarakat yang saling bertentangan satu dengan lainnya lantaran beda pilihan calon pemimpin yang bakal dipilih oleh mereka.

Pola pertentangan ini, menurutnya, aneh dan semau-maunya. Ada caci maki, berita bohong (hoax), beberapa kali terjadi juga bentrok fisik, sehingga persaingan yang terjadi terlihat tidak sehat dan melahirkan pemaksaan terhadap masyarakat untuk memilih si ini atau si itu.

Ide lagu tersebut awal mulanya muncul ketika bersenandung setelah selesai mandi. Kata-kata pertama yang muncul adalah “Kita Dewasa”, dan lalu tersusunlah kalimat lirik sambil disenandungkan.

“Sudah biarkanlah rakyat yang memilih, asal kita tetap merdeka, hidup aman damai serta sejahtera, bukti kita dewasa, kita bangsa yang dewasa.”
Setelah sampai di tempat kerja, cerita Rio, seperti biasa dia berteman dengan gitar sebelum rutinitas kerja. Lalu susunan senandung sewaktu di rumah (yang sudah direkam di perangkat telepon seluler) dicarikan akor gitarnya, dan dilengkapi.

Lagu ini ternyata tidak butuh waktu lama untuk mengarang melodi dan liriknya, semua mengalir tidak lebih dari 30 menit. Bahkan begitu selesai, langsung direkam di video dengan lirik lengkap dan langsung diunggah ke media sosial. Dengan harapan ada yang bersedia membantu untuk memproduksi ataupun menyampaikannya ke khalayak banyak.

Diterangkan lebih lanjut oleh Rio Faturachman, bahwa konsep musiknya untuk lagu “Kita Dewasa” adalah bergenre Pop berbalut Folk, Blues dan Country. Musiknya dibangun dengan gitar sebagai instrumen dasar.

Menyikapi masa kampanye Pemilu Presiden 2018-2019, lagu “Kita Dewasa” adalah harapan dan ajakan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk ikut berkampanye secara sehat, sopan, dan tidak memaksakan pilihannya kepada siapapun. Paksaan itu jenisnya bisa dengan hinaan, propaganda, hoax/fitnah, bahkan intimidasi.

“Saya berharap rakyat Indonesia menunjukkan kedewasaannya dalam hal menanggapi perbedaan yang ada, dan bijaksana saat calon pemimpin pilihannya tidak menang,” harap Rio Faturachman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *