Fokuskini – Podium penganugerahan berskala nasional bagi desainer dan pelaku usaha, Good Design Indonesia (GDI) telah menobatkan 27 produk peraih GDI 2020, dan sebanyak 17 produk diantaranya meraih predikat GDI Best yang bakal dibawa ke Jepang untuk diikutkan dalam kompetisi desain internasional, Good Design Award atau G-Mark. 17 karya tersebut sekaligus jadi nominasi peraih gelar GDI of The Year yang akan diumumkan pada September 2020. Sepuluh produk yang juga memperoleh anugerah GDI dinyatakan sebagai Good Design Indonesia.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto sangat mengapresiasi karya desain para pemenang, yang dinilai spektakuler karena memiliki kekuatan pada konsep dan ide yang original, inovasi yang sangat tinggi, kualitas, fungsi, dan komersialitas.

GDI merupakan ajang penganugerahan berskala nasional bagi desainer dan pelaku usaha Indonesia, yang berhasil menciptakan karya desain produk kreatif, inovatif, dan memiliki nilai komersial tinggi di pasar lokal dan ekspor. Dalam visinya, GDI merupakan platform bagi desainer dan pelaku usaha lokal menuju pasar global. Penyelenggaraan GDI 2020 ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan 4 kali sejak 2017.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan menyampaikan keterangan, tentang karya-karya desain yang menjadi bagian penting bagi promosi produk buatan Indonesia di kancah perdagangan internasional.

GDI menggabungkan kekuatan kreativitas, inovasi, originalitas, fungsi, komersialitas, dan dampak sosial karena karya para pemenang juga sudah banyak yang diekspor ke berbagai negara di dunia,” ujar Kasan.

Penjurian kali ini melibatkan sembilan juri dari Indonesia dan satu juri dari Jepang. Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Olvy Andrianita menyatakan untuk keikutsertaan pada kegiatan G-Mark ke-64 di Jepang, pihaknya membawa 17 produk berpredikat GDI Best, yang nantinya berlangsung pada 18–20 Agustus 2020, di AichiSky Expo, Jepang.

Kemendag juga akan membawa lima produk pemenang GDI terpilih untuk dipromosikan dalam Dubai World Expo (DWE) 2020 pada tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *