FOKUSKINI – Terbatasnya pembelajaranmengenai produksi video game di tanah air, membuat peluang industri di sektor ini untuk bisa bersaing dengan negara lain cukup sulit. Sehingga diharapkan adanya pengembangan minat dan bakat yang lebih lanjut di sektor ini bagi generasi muda.

Diana Paskarina, COO Anantarupa Studio lebih lengkap menjelaskan di gelaran diskusi “Misteri Dunia eSports” di Jakarta Utara pada awal pekan ini. Menurutnya, “Di Indonesia kualitas pendidikannya belum cukup qualified untuk mengirimkan SDM masuk ke industri gim. Selain itu juga minimnya pengetahuan dan pengalaman, hingga terpaksa harus mendatangkan SDM dari Luar Negeri.”

“Salah satu jalan keluarnya, kami mendatangkan SDM gim dari Korea,” diakui oleh Diana, terus terang.

Apalagi, ditambahkannya, mainan gim apapun saat ini bersaingnya sudah tingkat global. “Jadi dari segi kualitas, produk gim kita harus juga layak untuk diterbitkan ke pasar global. Anantarupa sendiri pernah membuat gim simpel dengan durasi 1 bulan, hingga gim kompleks yang memakan waktu pembuatan hingga tahunan. Semua itu tergantung budget dan tingkat kompleksitas gim yang mau dibuat”, tambahnya.

“Saat ini kami sedang mengembangkan gim dengan genre MOBA, dan adalah satu-satunya developer lokal Indonesia bahkan Asia Tenggara yang sedang membuat gim MOBA dengan tingkat kesulitannya yang sangat besar,” ungkap Diana.

Herry Sudharma, sebagai salah satu komentator laga eSports menilai bahwa masa depan eSports di Indonesia cukup potensial jika di kembangkan dengan serius. Industri caster atau komentator di dunia gim sama halnya seperti komentator sepakbola, dimana ditantang membawakan aura pertandingan agar selalu menarik perhatian penonton.

Pendiri Liga1PES, Valentinus Sanusi menambahkan, bahwa industri eSports dalam gim PES (Pro Evolution Soccer) saat ini sudah mulai dilirik oleh klub-klub sepakbola liga utama Eropa seperti juga AS Monaco (Prancis) dan Schalke (Jerman). Apalagi kini dengan telah masuknya PES ke gelaran olahraga Asian Games 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *